Selamat datang di Blog Sederhanku

ANALISIS PENGEMBANGAN WILAYAH DAN SEKTOR POTENSIAL DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA TIDORE KEPULAUAN

Minggu, 05 Januari 20140 komentar



ABSTRAK

Sarman Yusup (2013) Judul “Analisis Pengembangan Wilayah Dan Sektor Potensial Dalam Mendorong Pertumbuhan  Ekonomi Di Kota Tidore Kepulauan “ yang di bawah bimbingan Dr Muammil Sun’an SE., MP., MAP dan Chairullah Amin SE., M.Si. Penelitian ini di lakukan di Kota Tidore Kepulauan.

Pertumbuhan ekonomi adalah salah satu tolak ukur yang dapat dipakai untuk meningkatkan adanya pembangunan suatu daerah dari berbagai macam sektor ekonomi yang secara tidak langsung menggambarkan tingkat perubahan ekonomi. Pembangunan daerah harus sesuai dengan kondisi potensi serta aspirasi masyarakat yang tumbuh dan berkembang. Apabila pelaksanaan prioritas pembangunan daerah kurang sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh masing-masing daerah, maka pemanfaatan sumber daya yang ada akan menjadi kurang optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi ekonomi dan mengidentifikasi sektor-sektor ekonomi di Kota Tidore Kepulauan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder kurun waktu tahun 2000-2011 bersumber dari BPS Provinsi, BPS Kota. Model analisis yang digunakan yakni Analisis LQ, Shift-Share dan analisis SWOT. Hasil analisa menunjukkan dengan uji LQ pada Kota Tidore Kepulauan sektor pertanian, sektor bangunan dan sektor perdagangan hotel,dan restoran merupakan sektor basis. Sedangkan pada uji shift share pada Kota Tidore Kepulauan terdiri dari sektor bangunan dan konstruksi, sektor perdagangan,hotel dan restoran sektor, listrik,gas dan air minum dan sektor angkutan dan komunikasi dan sektor jasa-jasa. Yang merupakan sektor yang berpotensial dan yang tidak berpotensial serta mengetahui sektor yang memiliki pertumbuhan relative lebih lambat atau cepat. Dan menganalisis strategi dalam mengembangkan pertumbuhan ekonomi di Kota Tidore Kepulauan.

Kata Kunci: Pengembangan Wilayah, Sektor Potensial, Pertumbuhan Ekonomi,  LQ, Shift Share dan Swot

Download Filenya disini :

https://drive.google.com/#folders/0B0Z6icVb-Z7MeHVZTFBxdGpJX1U
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Gemapadi | Hairil Sadik | Johny Template | Mas Templatea | Noto Mardana
Copyright © 2014. Private Blog Kho Khocez (Irawan Palipun) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kho Khocez
Proudly powered by Blogger