KATA PENGANTAR
Puji
syukur penyusun kami panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala,
karena berkat rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “PENGARUH TEKNOLOGI INTERNET TERHADAP BISNIS”. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas Mata Kuliah “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN”
Kami
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu
sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini
masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang
bersifat membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya makalah ini. .
Semoga
makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk
pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
|
Penyusun
|
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR........................................................................................
DAFTAR ISI.......................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN..................................................................................
1. Latar Belakang Masalah ....................................................................
BAB II PEMBAHASAN....................................................................................
A. Pengeruh Teknologi Terhadap Dunia Bisnis.................................
B. Manfaat Teknologi Terhadap Dunia BIsnis.....................................
1. Menciptakan Basis Bagi Klien atau Pelanggan.......................
2. Analisa Produk Dan Pasar...........................................................
3. Nasehat dan Bantuan Pakar di Bidangnya..............................
4. Rekruitmen Tenaga Kerja dan Penyediaan Lowongan Kerja
5. Akses Informasi dan Penyebaran Informasi.............................
6. Komunikasi yang Cepat dan Pengiriman Dokumen dengan Biaya Murah....................................................................................
7. Peluang Bisnis Baru.....................................................................
C. Beberapa Alasan Mengapa Para Profesional Memanfaatkan WWW Sebagai Media Bisnis.............................................................
BAB III PENUTUP............................................................................................
A. Kesimpulan...........................................................................................
B. Saran......................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................
|
i
ii
1
1
2
2
4
4
4
5
5
5
6
6
7
9
9
9
10
|
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Cikal
bakal dari Internet adalah ARPANET, sebuah jaringan eksperimen milik
pemerintah Amerika Serikat berbasis komunikasi data paket yang didirikan
di tahun 1969. Tujuannya untuk menghubungkan para periset ke
pusat-pusat komputer, sehingga mereka bisa bersama-sama memanfaatkan
sarana kompuer seperti disk space, data base dan lain-lain. Kegiatan ini disponsori oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, bersama lembaga yang dinamakan Advanced Research Projects Agency (ARPA) . Diawal 1980-an, ARPANET terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet
(sebuah jaringan militer), akan tetapi keduanya mempunyai hubungan
sehingga komunikasi antaar jaringan tetap dapat dilakukan. Pada mulanya
jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tapi lama-kelamaan disebut sebagai Internet saja. Di tahun 1986 lahir National Science Foundation Network (NSFNET),
yang menghubungkan para periset di seluruh negeri dengan 5 buah pusat
super komputer. Jaringan ini kemudian berkembang untuk menghubungkan
berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan
konsorsium-konsorsium riset. NSFNET mulai menggantikan ARPANET sebagai
jaringan riset utama di Amerika. Pada bulan Maret 1990 ARPANET secara
resmi dibubarkan. Pada saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan
internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Australia,
negara-negara Skandinavia, Inggris, Perancis, jerman, Kanada dan Jepang
segera bergabung. Pada saat ini Internet terdiri atas lebih dari
15.000 jaringan yang mengelilingi dunia (70 negara di 7 benua). Sekitar
25 juta orang dapat saling mengirimkan pesan melalui Internet dan
jaringan-jaringan lain terhubung dengannya. Pemakaiannya sudah bukan
murni untuk riset saja, tetapi mencakup kegiatan sosial, komersial
(melalui jaringan antar komersial bernama CIX), budaya dan lain-lain.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
A. Pengaruh Teknologi Terhadap Dunia Bisnis
Saat ini teknologi informasi mengalami
perkembangan yang sangat pesat dimana perkembangan ini tidak bisa kita
hindari. Perkembangan teknologi informasi juga dipengaruhi oleh kemajuan
ilmu pengetahuan yang seiring waktu semakin menapaki langkah yang
semakin maju. Sejak pertama kali ditemukannya komputer pada tahun 1955,
peradaban dunia telah mengalami suatu era informasi yang baru dan cepat.
Perkembangan
teknologi informasi ini tidak hanya dapat membantu cara hidup kita
menjadi lebih modern, akan tetapi ada juga pengaruh teknlologi informasi
yang berdampak pada pola pikir dan kehidupan kita yang berbeda dengan
gaya hidup sepuluh tahun yang lalu. Kondisi ini bisa kita lihat pada
saat ini bahwa tidak ada jarak yang bisa memisahkan komunikasi antar
individu, meskipun berada di luar negeri, itu tidak menjadi sebuah
masalah yang besar semenjak pesatnya kemajuan dari teknologi dan
informasi ditengah tengah kehidupan kita. Perkembangan akan teknologi
informasi yang kita dapat dewasa ini memberikan pengaruh teknologi informasi yang bersifat positif maupun negatif yang bisa manfaatkan maupun kita sikapi secara hati-hati.
Dunia
bisnis pun saat ini telah memanfaatkan kemajuan teknologi informasi
yang sudah pesat. Penerapan teknologi informasi sudah banyak diterapkan
pada perusahaan perusahaan yang berskala nasional maupun swasta.
Penerapan teknologi dan informasi ini menyebabkan perubahan dalam
kebiasaan atau habit yang baru pada bidang bisnis. Seperti pemanfaatan
E-Commerce sebagai media perdagangan yang menggunakan media internet
yang saat ini tidak sulit untuk dijangkau oleh semua kalangan.
Bagi
dunia bisnis, pengaruh ini memberikan kemudahan dan kelancaran dalam
melakukan urusan bisnis meskipun rekan bisnis tersebut berada di negara
lain, hal in ibisa diatasai dengan memanfaatkan video conference maupun
internet call yang bisa digunakan sewaktu waktu dan tidak memungut biaya
sedikit pun. Jejaring seperti ini hadir di semua industri global.
Pengaruh ini tidak hanya berdampak pada usahawan saja yang memiliki
perusahaan, pengaruh teknologi informasi ini juga memberikan dampak yang
besar terhadap para pegawainya. Dewasa ini para pegawai di perusahaan
tidak perlu lagi mengirimkan lembaran kerjanya secara manual dalam
bentuk cetakan kertas, hanya perlu memanfaatkan fasilitas email yang
tersedia secara gratis sudah bisa mengirimkan hasil laporan kerjanya
tanpa harus terhalang oleh waktu dan tempat.
Pengaruh
teknologi informasi secara tidak langsung memberikan solusi yang dapat
membantu urusan bisnis secara ringkas dan tidak perlu lagi memakan biaya
yang begitu besar. Seperti untuk mengadakan rapat, kita saat ini tidak
perlu lagi harus mengumpulkan orang satu per satu, kita bisa
memanfaatkan salah satu fitur yang berada pada handset ponsel pintar
untuk melakukan sebuah rapat yang fleksibel harus berada pada suatu
tempat dan juga mengeluarkan biaya yang terhitung tidak sedikit. Semakin
cepatnya perkembangan teknologi informasi saat ini menuntut manusia
modern untuk bertindak dengan cepat pula, apabila kita tidak bisa
mengikuti gerak cepat dari perkembangan teknologi informasi ini, kita
bisa saja tertinggal jauh dibelakang, dan dunia kerja maupun bisnis
dewasa ini pun membutuhkan para pegawai yang bisa menggunakan perangkat
hardware maupun software untuk mendukung segala aktivitas kerjanya.
Perkembangan
teknologi informasi yang semakin canggih dewasa ini merupakan bagian
integral dari semua lapangan bisnis dewasa ini. Tak ada satu pun dunia
bisnis yang tidak terpengaru terhadap pengaruh teknologi informasiyang
cepat ini. Mau tidak mau para pelaku bisnis harus bisa mengikuti laju
dari perkembangan teknologi informasi yang serba cepat ini jika tidak
ingin dunia bisnisnya tertinggal jauh dengan para pelaku bisnis yang
lain
Manfaat Teknologi sangat
tergantung pada produk dan jasa yang akan ditawarkan. Produk yang satu
memanfaatkan Internet secara berbeda dengan produk yang lainnya. Tipe
atau jenis usaha pun akan turut mempengaruhi cara orang memanfaatkan
Internet sebagai sarana bisnisnya, apakah dia seseorang pemasok,
distributor atau seorang pengecer.
Berikut ini adalah contoh pemanfaatan dan manfaat Internet sebagai media bisnis:
1. Menciptakan Basis Bagi Klien Atau Pelanggan
Untuk
mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien tidak
selalu dapat diperoleh dengan mudah. Perjuangan untuk memperoleh
pelanggan harus melalui berbagai usaha termasuk menganalisa pasar secara
hati-hati, pemasaran produk dan mempunyai uji coba basis pelanggan.
Internet merupakan salah satu alternatif wadah yang tepat untuk
dijadikan sebagai tempat untuk basis pertemuan jutaan orang di seluruh
dunia. Dengan demikian untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mudah
dengan adanya kelompok yang besar di Iternet tersebut.
2. Analisa Produk Dan Pasar
Internet
dapat dijadikan tempat yang baik utuk melakukan riset pemasaran karena
produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelangganya.
Analisa pasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam
pengembangan produk baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan
pelanggan. Setelah produk itu diluncurkan maka perusahaan pun dapat
memperoleh umpan balik sebesar tingkat kepuasan konsumen terhadap produk
baru tersebut. Selain itu perusahaan juga dapat mempelajari produk
pesaing dengan menelusurinya di Internet. Pemakai Internet dapat
memanfaatkan informasi yang ada untuk melakukan analisa produk dan
persaingannya. Hal ini sangat mempengaruhi munculnya lowongan untuk cari
ide-ide baru!
3. Nasehat dan Bantuan Pakar Di Bidangnya
Tidak
sedikit pakar yang ada di Internet yang mempublikasikan karya-karya
mereka untuk diketahui mereka untuk diketahui secara umum dan mudah
diakses. Sangat sering pula kita memperoleh nasehat dan bantuan secara
gratis dari para pakar tersebut tentang masalah yang kita hadapi. Jika
kita membandingkannya dengan mendapatkan nasihat dari konsultan, maka
kita harus membayar dengan harga sangat mahal.
4. Rekruitmen Tenaga Kerja dan Penyedian Lowongan Kerja
Sekarang
ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet semakin digemari oleh
perusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak sekali daftar
lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan
dirinya melalui Internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan
tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di Internet. Riwayat hidup tidak hanya dapat ditampilkan menggunakan web tetapi fasilitasnya juga ada di Internet seperti newsgroup atau usenet.
tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di Internet. Riwayat hidup tidak hanya dapat ditampilkan menggunakan web tetapi fasilitasnya juga ada di Internet seperti newsgroup atau usenet.
5. Akses Informasi dan Penyebaran Informasi
Mempublikasikan
berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya.
Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika
dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos. Kita semua dapat mengakses
informasi dan menyebarkan informasi dari dan ke penjuru dunia dan juga
dapat membuat hubungan secara interaktif dan langsung melalui komputer.
Kontak secara interaktif tersebut akan menarik dengan adanya penggunaan
chat dan video conferencing. Akses dan penyebaran informasi melalui
Internet dapat terjadi secara murah dan dapat langsung diakses melalui
jarak yang jauh.
6. Komunikasi Yang Cepat dan Pengiriman Dokumen Dengan Biaya Murah
Berbagai
fasilitas yang ada di internet telah banyak membuktikan mampu
mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail adalah salah
satu contoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk
mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga
mempercepat komunikasi yang dilakukan di internet. Internet dapat juga
digunakan untuk mentransfer dokumen secara online dalam waktu yang
singkat. Seringkali ditemukan keterlambatan atau gagal sampai ke tujuan
dalam pengantaran dokumen melalui jasa pengantar seperti pos atau
perusahaan jasa lainnya.
7. Peluang Bisnis Baru
Banyak
yang secara terus menerus memanfaatkan Internet untuk mencari ide-ide
inovatif dan baru. Pemakai Internet sering memperoleh ide baru tidak
hanya disebabkan oleh kebiasaan penelitiannya di Internet tetapi juga
ada nya suasana kooperatif di antara pemakai internet. Internet sering
pula
dijadikan forum komunikasi di antara para peminat di bidang masing-masing.
dijadikan forum komunikasi di antara para peminat di bidang masing-masing.
Dari
forum-forum komunikasi tersebut sering pula menimbulkan ide produk yang
baru dan inovatif. Banyak fasilitas aplikasi yang tersedia di Internet
di antaranya FTP, gopher, usenet, telnet, WWW. Dari berbagai fasilitas
ada, WWW merupakan aplikasi yang paling banyak dipakai para pemakai
individual maupun profesiona atau bisnis.
C. Beberapa alasan mengapa para profesional memanfaatkan WWW sebagai media bisnis:
Web dapat memantapkan kehadirannya di dunia bisnis.
Web memberikan kesempatan bagi perusahaan memasuki jaringan yang lebih global.
Web menyediakan informasi bisnis untuk pelanggan dan masyarakat secara luas
Web dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan secara lebih baik dengan adanya berbagai fasilitas yang menarik dan interaktif.
Web dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap produk maupun perusahaan.
Web menjadi sarana pemberitaan informasi yang sensitif terhadap waktu
Web juga dapat dijadikan sarana menjual produk atau tempat transaksi
Web dapat menyajikan informasi secara interaktif dengan memanfaatkan
multimedia
multimedia
Web mampu mencapai pasar ditinjau secara demografi sesuai dengan yang diinginkan
Web menjadi saran untuk tanya jawab antara pelanggan dengan perusahaan atau sering disebut frequently asked question (FAQ)
Web dapat memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk melakukan kontak atau berkomunikasi dengan pramuniaganya secara langsung
Web membuka kemungkinan bagi perusahaan memasuki pasar internasional
Web dapat mensiptakan pelayanan 24 jam
Web memungkinkan melakukan perubahan informasi yang tersedia dengan cepat
Web akan memberikan kesempatan pelanggan untuk memberikan umpan balik kepada perusahaan
Web dapat dijadikan ajang uji coba terhadap produk dan jasa yang ditawar kan
Web dapat dijadikan saran media informasi, publikasi perusahaan dan
promosi. Web dapat mencapai pasar yang terspesilisasi
promosi. Web dapat mencapai pasar yang terspesilisasi
Web juga dapat digunakan untuk memberikan pelayanan kepada pasar lokal
Dengan melihat manfaat yang dapat diperoleh seperti yang telah disebutkan di atas, perusahaan dapat melakukan kegiatan-kegiatan untuk memantapkan bisnisnya dengan cara:
v Katalog online secara elektronis
v Komunikasi satu-satu dengan pelanggan
v Mendukung penjualan
v Dukungan purna jual produk atau jasa
v Mempertajam kehadiran perusahaan
v Iklan produk dan jasa
v Penelusuran order pelanggan
v Pendukung penelitian konsumen
v Rekruitmen tenaga kerja
v Transaksi secara elektronis
v Publikasi secara online
v Penyaluran barang atau distribusi
v Meningkatkan dana investasi
v Sumber bisnis dan jaringan pribadi
v Komunikasi
bisnis dengan cara menyediakan tenaga pramuniaga secara online,
komunikasi antar kantor, komunikasi jarak jauh dengan suara, konferensi
melalui video.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari
pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa banyak sekali manfaat
internet diantara nya sebagai media bisnis. Banyak informasi – informasi
yang berhubungan dengan dunia bisnis bisa di dapat di internet.
Diantaranya sebagai sarana rekruitmen tenaga kerja dan penyedian
lowongan kerja.
Banyak pengusaha – pengusaha yang memanfaatkan media ini untuk prekrutan tenaga kerja di perusahaannya.
B. Saran
Sejalan
dengan meningkatnya peranan informasi dalam bisnis maupun teknologi,
akses terhadap sumber dan jaringan informasi menjadi semakin penting
bagi para pengusaha. Internet adalah jaringan informasi komputer
mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat
dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah
seharusnya para pengusaha mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh
melalui jaringan ini.
DAFTAR PUSTAKA
http://victorioaqsa27.blogspot.com/