Selamat datang di Blog Sederhanku

MAKALAH ILMU ALAMIAH DASAR "PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA DALAM MASYARAKAT"

Senin, 13 Januari 20140 komentar

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pertumbuhan dan perkembangan manusia dalam lingkungan masyarakat diibaratkan sebagai organisme yang hidup. Ia mengalami masa pendirian, pertumbuhan, perkembangan, dan seterusnya. Pada hakikatnya manusia terbagi menjadi dua yaitu manusia sebagai individu dan manusia sebagai kelompok (masyarakat).


Individu merupakan bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisahkan lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Tetapi pada dasarnya individu juga mengalami suatu proses pertumbuhan dan perkembangan.

Dalam hal ini pertumbuhan individu ditinjau dari sosiologi,mempunyai arti yaitu suatu perubahan menuju kearah yang lebih maju dan lebih dewasa.Sedangkan perkembangannya didefinisikan sebagai suatu proses kearah yang lebih sempurna, tidak begitu saja dapat diulang serta menunjuk pada perubahan yang bersifat tetap dan tidak dapat diatur kembali.

Sedangkan manusia sebagai kelompok(masyarakat) diartikan sebagai sekumpulan individu yang hidup bersama dalam jangka waktu yang panjang dapat dicirikan sebagai berikut: adanya interaksi yang berulang-ulang, simbol komunikasi yang disepakati, serta pola-pola dan sistem budaya yang dipakai sebagai acuan.

Masyarakat juga mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan seperti halnya pada individu. terkadang perkembangan dan pertumbuhan itu sama.Tetapi pada dasarnya keduanya berbeda. Meski memiliki hubungan yang saling terkait, keduanya dapat dipisahkan, tetapi tidak dapat berdiri sendiri.
Dalam perkembangan, tidaklah terbatas pada pengertian pertumbuhan yang semakin membesar, melainkan di dalamnya juga terkandung serangkaian perubahan yang berlangsung secara terus-menerus dan bersifat tetap dari fungsi-fungsi jasmaniah dan rohaniah yang dimiliki individu menuju ke tahap kematangan melalui pertumbuhan, pemasakan dan belajar.
Perkembangan itu bergerak secara berangsur-angsur tetapi pasti, melalui suatu bentuk atau tahap kebentuk atau tahap berikutnya, yang makin hari kian bertambah maju, mulai dari masa pembuahan dan berakhir dengan kematian. Dalam perkembangan mengacu pada fisik maupun psikis,bersifat evolusi dan involusi, dan terjadi sepanjang hayat.

Untuk Lebih JelasnyaDownload Filenya disini :
http://www.4shared.com/office/KLAssvpuce/bab-1-iad.html

Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Gemapadi | Hairil Sadik | Johny Template | Mas Templatea | Noto Mardana
Copyright © 2014. Private Blog Kho Khocez (Irawan Palipun) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kho Khocez
Proudly powered by Blogger